Pengumuman Seleksi Penerimaan Program Pendidikan Beasiswa Kementrian BUMN (P2B)

7.21.2008 Leave a Comment


Kementrian BUMN bekerja sama dengan Departmen Energi Dan Sumber Daya Mineral membuka kesempatan bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh tanah air untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Program Pendidikan Beasiswa Kementrian BUMN (P2B) angkatan kedua. Pendidikan ini bertujuan untuk mencetak tenaga terampil yang siap terjun ke lapangan kerja dan memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri saat ini terutama pada subsektor minyak dan gas bumi.

Seleksi akan dilakukan secara serentak di 14 rayon/kota yang tersebar di seluruh Indonesia yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Padang, Jakarta, Bandung, Cepu, Cilacap, Bontang, Balikpapan, Makassar, Jayapura, Kupang. Proses seleksi meliputi tes tertulis, wawancara dan tes kesehatan. Setiap peserta tidak dikenakan biaya berkaitan dengan proses seleksi ini. Informasi yang lebih rinci mengenai pelaksaaan dan persyaratan mengikuti seleksi dapat diunduh/download pada link dibawah.

Siswa yang berhasil lulus seleksi berhak mengikuti pendidikan setara Diploma Satu (DI) selama satu tahun di Akademi Minyak Dan Gas Bumi (Akamigas) Cepu. Jurusan yang akan dibuka meliputi Teknik Las Migas, Teknik Pipe Fitter Migas, Teknologi Gas, Gas Processing, Teknik Mekanik Migas, Teknik Listrik Perminyakan serta Instrumentasi. Pemilihan jurusan dilakukan oleh pihak penyelenggara sesuai dengan latar belakang akademis dan potensi siswa. Selama mengikuti pendidikan, setiap siswa akan ditempatkan di Asrama Vyatra Akamigas Cepu dan mendapatkan fasilitas pendidikan serta akomodasi sehari-hari tanpa dikenakan biaya.

Evaluasi akan dilakukan pada setiap tahap pendidikan meliputi aspek skill, knowledge dan attitude untuk mengukur kompetensi dan prestasi yang telah dicapai siswa. Bagi yang tidak lolos evaluasi akan dinyatakan gugur dan tidak dipekenankan mengikuti tahap pendidikan selanjutnya. Bagi siswa yang gugur akan dipulangkan ke tempat asal dan tidak dikenakan biaya kompensasi apapun terhadap fasilitas yang telah diterima.

Program pendidikan ini terselenggara berkat adanya beasiswa pendidikan yang difasilitasi oleh Kementrian BUMN, Departmen ESDM serta segenap BUMN. Program ini merupakan wujud perisipasi aktif guna memberikan pendidikan yang berkualitas bagi segenap putra terbaik bangsa sehingga menghasilkan SDM yang memiliki kompetensi teknis berstandar internasional dan mampu bersaing di kancah global.

Selamat mengikuti seleksi, industri minyak dan gas bumi menanti anda!

Download Syarat Pendaftaran

0 comments »

Leave your response!