Bikin Heat Exchanger Sendiri (Milis)

10.04.2009 Leave a Comment

Untuk pertama kalinya saya mau bikin heat exchanger. Saya kerepotan karena belum memiliki pengetahuan yg banyak tentang hal ini. mungkin ada diantara rekan2 yg tahu dan mempunyai perhitungan heat exchanger secara manual, bisa dalam bentuk excel atau yg lainnya.

Tanggapan 1 - Adryan Wisnu Broto Suseno

Pak Nuryadin, Ate

Tipe HE apa yang bapak akan gunakan?

Shell and tube? Untuk memanaskan saja? Atau untuk mendinginkan saja?

Kalo memang tipe shell and tube ka nada standarnya dari TEMA, API 660.

Setidaknya dua standard yang pernah saya gunakan untuk menghitung HE .

Biasanya HE dibagi dua bagian dan dikerjakan bersama dua disiplin.

Perhitungan perpindahan panas oleh process konstruksi dan wall thickness oleh mechanical.

Kalau ada softwarenya bisa menggunakan HTRI dan Aspen B-JAC, konstruksi dan detail konstruksi bisa menggunakan PV Elite atau Compress.

Kalau mau buat sendiri dari awal bisa merujuk ke buku perpindahan panas Moran Saphiro, kalau perhitungan ketebalan dinding bisa merujuk ke ASME VIII.

Sayang kalau minta spreadsheet dari orang lain Pak, bagaimana kalau bapak buat sendiri dahulu, nanti kalau mentok baru di tanyakan ke leadnya kalau masih mentok lagi baru tanya ke Milis ini..

Tanggapan 2 - TRB

Dear Pak

Ate Nuryadin,

Excelkan aja prosedure yang ada di buku yg bisa di download di link dibawah ini :

Heat Exchanger Design Handbook (Mechanical Engineering (Marcell Dekker)).

by: Kuppan

di link :

http://dl1.s20.ifile.it/ykegp0xh/heat_exchanger_design_handbook_0824797876.rar

http://dl2.s20.ifile.it/kwr47eqb/heat_exchanger_design_handbook_-_kuppan.pdf

dgn dasar2 heat transfer bisa di ambil dari link :

Fundamentals of Heat and Mass Transfer, 6th Edition (with IHT/FEHT 3.0 CD with User Guide Set)

by: Frank P. Incropera,

David P. DeWitt, Theodore L. Bergman, Adrienne S. Lavine en | Wiley

http://dl1.s22.ifile.it/m9kgt5rc/fohmt.rar

Untuk validasi, maka sepatutnya punya Soft HTRI atau HTFS..atau data sheet turunan data2 input dan output design dan data lapangan/laboratorium.

Perbedaan hasil pertihungan yg besar adalah disebabkan karena prediksi luasan penampang untuk menghitung kecepatan fluida pada sisi shell, clearence antara tube dan baffle misalnya pada shell&Tube HE, ..dan bila itu sudah terlewati, ketersediaan persamaan empiris Nuselt number adalah sumber perbedaan untuk mendapatkan harga tube side dan shell side heat transfer (HT) dan overal HT.(U).

Setelah diperoleh U clean maka diperoleh A actual. Pertimbangan tambahan adalah perkiraan fouling resistance untuk mendapatkan U dirty. dari U dirty maka dihitung A yang harus tetap tersedia pada saat dirty. Hati2 bila fluida punya potensi untuk fouling, over design HE akan mengecilkan velocity atau mengecilkan shear stress shg fouling lebih mudah terbentuk...dsb.

Pertimbangan operasi misalnya hasil pinch metodh sebaiknya mempertimbangkan masalah ini juga, karena terlalu tinggi temperature maka foiling juga mudah terbentuk.

Kalau model sy ditulis maka pakai saja solver excel untuk optimasinya. selamat mencoba. Saran kami, pakai aja HTRI. jangan main resiko...kecuali model yg kita buat, sudah benar2 tervalidasi. Salam sukses selalu.

##Migas Indonesia##




1 comments »

  • Chuckle 'n Grin said:  

    Selamat Pagi,

    Saya mau belajar tentang Plate Heat exchanger (PHE)
    PHE yang dimaksud disini untuk mendinginkan,Rencana saya mau menambahkan plate supaya proses pendinginan bisa lebih cepat, gimana kiat kiatnya? treatmentnya seperti apa?

    Terima kasih
    Mohon bantuannya

  • Leave your response!