,

Discussion About Sink & Source

1.30.2010 Leave a Comment

Beda Sink dan Source ---------- Tanya - Andy Odank. Saya sering baca di catalog vendor utk transmitter, F&G detector menyebutkan sink or source. Setelah saya pelajari saya msh blm dapat menemukan jawaban yg mudah di mengerti. Apakah bapak2 sekalian ada yg punya pengalaman soal ini?

Tanggapan 1 - Martin Rifki

Mencoba menjawab:

Untuk F&G Detector saya kurang tahu, mungkin sama dengan yang umum saya tahu di process design:

source : sumber, from

Sink : destination (tujuan) to

Ilustrasi sederhananya seperti ini:

Source -----> sink

Tanggapan 2 - wie_liang2

Andy,

Saya coba jawab.

perihal sink/source itu berkaitan dgn signal 4-20mA hasil pengukuran oleh F&G detector tsb.

Secara natural, kalau ada arus 4-20mA artinya ada sumber tegangan dan ada beban (resistance).

Kalau sumber tegangan 4-20 itu disupply dari F&G detector, artinya detector itu source (detector disupply oleh external power). Sebaliknya kalau sumber tegangan itu diberikan dari I/O card (DCS), artinya detector itu sink.

Perhatikan bahwa I/O card dan detector harus salah satunya source dan yg satunya lagi sink. Kalau dua-duanya sink atau dua-duanya source, maka detector tidak akan bekerja.

semoga membantu.

Tanggapan 3 - mahdinsyah_rukmanir

Pak Andy odank,

Ini saduran dari buku referensi PLC yang saya pegang.

sourcing is often interchanged with PNP (transistor), and sinking with NPN (transistor),

Kalo mau lebih lengkap silahkan lewat japri,

Untuk pak admin, saya ada buku PLC dalam pdf, 5MB, didalamnya berisi juga sourcing dan singking,

Mudah-mudahan manfaat.

Tanggapan 4 - teddy gunawan

Dear All,

Istilah sourcing atau sinking harus dilihat dari sisi mana yang harus diperhatikan misalnya untuk transmitter dan IO point. Jika transmitter tersebut 2 wire bearti transmitter adalah sinking sedangkan IO module baik PLC/DCS adalah sourcing. (Jika IO point tsb diukur ada tegangan +/- 24VDC) Jika transmitter menggunakan 3 or 4 wire (field power) berarti transmitter tersebut sourcing sedangkan IO module PLC/DCS adalah sinking.

1 comments »

Leave your response!