,

Gas High Pressure pada Wells

1.30.2010 Leave a Comment

Gas Pressure di Komunitas Migas Indonesia. ---- Kami akan mendapatkan pekerjaan workover untuk wells di sekitaran Jatibarang. Saat kami menuju lokasi, disekitar wells ada aktifitas bubbles (di permukaan wells yang terendam air). Apakah ini menunjukkan adanya gejala gas bertekanan tinggi ? Setelah kill well, apakan gas pressure bisa di maintain menjadi zero ? Hal ini berhubungan dengan potensial hazard untuk welding activity on location. Terima Kasih

Tanggapan 1 - Ridwan Hardiawan

Belum tentu gas tekanan tinggi Pak novianto, belum tentu juga gasnya dari dalam tubing / casing sehingga mungkin tidak bisa di kill. Apa ada pressure gauge dipasang di side outlet wellheadnya?

Tanggapan 2 - Novianto Dwi Wibowo

Tidak ada pressure gauge nya pak. Seandainya gas bukan dari casing, kira2x dari mana ya pak sumber gas tersebut. Maaf, saya masih awam dan benar2x baru dalam dunia migas. Terima Kasih.

Tanggapan 3 - Kukuh A. Damayanto

Pak Novianto,

Kami pernah ada pengalaman dalam hal kerjaan workover, biarpun saya sebenarnya bukan orang yang paham well waktu itu (untuk informasi saya seorang piping engineer). Ceritanya kami akan membuka sumur gas yang sudah di plug atau ditutup di ujung casingnya. Terjadi hal yang sama seperti yang bapak alami. Di sekitar casing ada genangan air dan di permukaan air tersebut timbul gelembung gas, yg setelah kami selidiki ternyata keluar dari anulusnya.

Yang kami lakukan utk workover/memasang tubing, adalah:

1. Monitor terus gas yg keluar dari anulus tersebut dgn gas detector. Pastikan gas yg keluar masih di bawah batas LEL nya.

2. Memasang pressure gauge di body casing-nya, dgn tujuan memonitor besarnya pressure.

3. Yang berikutnya baru kita melakukan workover (bisa memasang tubing dan/atau perforasi) dgn selalu memonitor keduanya di atas.

Mudah-mudahan pengalaman ini bisa menjadi bahan referensi pak Novianto.

Tanggapan 4 - Kukuh A. Damayanto

Tambahan Pak Novianto,

Jangan lupa pastikan juga joining procedure pakai yang hot working procedure.

Tanggapan 5 - MS Bahri

Bubble yang muncul di sekitar well dan celler itu biasanya merupakan bocoran dari casing-casing conductor maupun intermediet casing nya atau terkadang juga muncul dari sela-sela antara cement bond dan casing surface. Untuk kegiatan welding di sumuran pasti perlu bleedoff terhadap kemungkinan adanya gas yang terakumulasi di sekitar welding site. Demikian juga tindakan pencegahan api dan tekanan sesuai standard keselamatan kerja tentunya.

http://www.migas-indonesia.com

0 comments »

Leave your response!