PWHT Pada Pipa Tipis

3.28.2010 Leave a Comment

PWHT Pada Pipa Tipis. Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu. Saya Rusmanto, saat ini sedang mengerjakan Jambi Merang Project. Ada hal yang ingin saya tanyakan pada rekan sekalian. Saat ini kami akan melakukan PWHT pada pipa tipis yang dilalui oleh Amine service, secara ini sudah menjadi requirement jika pipa carbon dilalui Amine maka harus di PWHT untuk mencegah stress corrosion cracking. Yang saya tanyakan adalah apakah Heating Rate dan Holding Temperature sama dengan pipa dengan thickness > 19mm?

Atas sharing-nya saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 - Yogie Maradona

Pak Rusman,

Berikut Saya copy-paste jawaban untuk pertanyaan serupa dari millis Migas :

" Aturan untuk PWHT sebenarnya tergantung diaplikasikan untuk apa, disini saya cantumkan referensi beberapa aturan dari code untuk PWHT.

1. Untuk Structure, base on code AWS D1.1 , Clause 5 para 5.8, disini dijelaskan bahwa PWHT dilakukan jika ada dicantumkan dalam kontrak kerja.

2. Pressure Vessel, based on ASME Sect. VIII Div.1 UCS-56, untuk aturannya dapat dilihat di tabel, yang paling penting diperhatikanadalah note di bawahnya, disana ada aturan yang mengharuskan dilakukan PWHT pada material dengan thickness tertentu.

3. Pressure Piping, based on ASME 31.3 point K331, disini juga ada aturan untuk material yang diharuskan di PWHT seperti contohnya semua material dengan P No. 4 dan 5 untuk semua thickness diharuskan di PWHT (point a). Untuk tabel lengkapnya pada tabel B31.1.1. "

Mengacu pada Code B31.3 Table 331.1.1 Requirements for Heat Treatment memang untuk thickness <= 19mm tidak di definisikan heating rate & Holding temperaturnya, Namun kalo menurut pendapat pribadi Saya kita bisa perlakukan sama dengan yang thicknessnya > 19 karena tujuan utama proses ini tidak untuk/ akan merubah struktur mikro material melainkan untuk menghambat laju korosi. untuk lengkapnya coba cari referensi Valentine, J.P., Oil and Gas Journal, 74, No. 46, pp. 60-62. (Amine stress corrosion cracking), CMIIW.

Obat Kuat Ejakulasi Dini Hajar Jahannam Asli Mesir

0 comments »

Leave your response!