Hemat Rp 35 Miliar/Tahun, Depo Plumpang Jadi Kelas Dunia

12.24.2010 Leave a Comment

JAKARTA–Diresmikannya layanan New Gantry sebagai bagian dari Terminal Automation System (TAS) Instalasi Jakarta Group, menjadikan Depo Plumpang sebagai fasilitas distribusi BBM berkelas dunia.

Layanan New Gantry ini diresmikan oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan didampingi Direktur Pemasaran & Niaga Djaelani Sutomo di Instalasi Jakarta Group (IJG) Depot Plumpang, Senin (20/12).

Dengan adanya sistem ini, membuat aktivitas penyaluran BBM di Depo Plumpang menjadi lebih cepat, akurat dan menghemat biaya operasional hingga Rp 30-35 miliar per tahun.

Karen Agustiawan mengatakan modernisasi fasilitas dan sistem distribusi ini merupakan salah satu program transformasi fasilitas distribusi BBM dalam rangka menuju operation yang excellent dan akan mengubah mindset serta pola kerja untuk lebih efisien dan efektif.

"Saya tidak ingin mendengar lagi ada keterlambatan distribusi BBM, dan benefit dari sistem ini akan lebih memperkuat Depo. Plumpang menjadi kelas dunia. Saya berharap depo-depo Pertamina lainnya segera menyusul menerapkan sistem distribusi seperti ini," ungkap Karen.

Keuntungan lain dari sisi operasional pengisian BBM yang semula 68 bays (gerbang loading BBM ke tanki), kini cukup hanya 12 bays. Dimana kapasitas loading masingmasing bays menjadi lebih besar, dari 900 liter per menit menjadi 2.200-2.400 liter per menit.

SVP Distribusi Pertamina Joko Prasetyo, lebih lanjut menyampaikan melalui sistem ini waktu layanan pun menjadi lebih singkat yang sebelumnya 40-52 menit per mobil tanki sekarang hanya 4-8 menit per mobil tanki sehingga jumlah mobil tanki yang dibutuhkan untuk mendistribusikan BBM di Jabodetabek turut berkurang menjadi 157 mobil tanki dari 230 mobil tanki. Apalagi ditambah dukungan kapasitas mobil tanki BBM Pertamina yang kini mampu mengangkut BBM lebih banyak dan multi produk.

Di samping itu, untuk pengisian dan penghentian loading time tidak dilakukan lagi secara manual tapi secara otomatis. Sistem ini terhubung dengan komputer dan memudahkan rekonsiliasi data sehingga bisa didapat data harian secara cepat dan akurat, mencegah backlog sistem MySap akibat keterlambatan atau kesalahan Good Issues.

Keunggulan lain Instalasi Jakarta Group Plumpang yakni dilengkapi dengan in-line blending yang memungkinkan IJG melakukan pencampuran sehingga menghasilkan produk seperti Pertamax, Bio Solar, Bio Premium, dan lain-lain.

Selain kecanggihan sistem, tampilan bays pun ditingkatkan menjadi lebih modern dan praktis, ditambah sistem penguncian bau, sehingga tidak tercium bau ketika pengisian BBM dilakukan.

Rata-rata penyaluran BBM dari Depo Plumpang mencapai 17.500 KL per hari terdiri dari 11.000 KL Premium, 4.300 KL Solar, 2.200 KL Pertamax dan 200 KL Pertamax Plus.MPIK

0 comments »

Leave your response!