PERTAMINA - Bersaing secara Profesional

8.17.2009 Leave a Comment

Pengantar Redaksi:
Pertamina ikut serta di acara International Indonesia Motor Show 2009, yang berlangsung 24 Juli hingga 2 Agustus 2009 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. VP Pemasaran BBM Retail K. Denni Wisnuwardani memberikan penjelasan dalam konferensi pers dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Berikut petikannya yang sudah kami edit.

Apa manfaat Pertamina hadir dalam acara International Indonesia Motor Show 2009 ini?
Keikutsertaan Pertamina dalam acara ini adalah sebagai komitmen kami kepada para pengguna motor dan mobil di Indonesia, yang semuanya adalah pelanggan Pertamina. Kami berkomitmen tinggi untuk memberikan bahan bakar dengan kualitas yang terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, di booth Pertamina ini kami memberikan penjelasan mengenai produk-produk Pertamina yang berkualitas dan juga ramah lingkungan, sesuai dengan tema pameran ini.

Saat ini kami lebih menonjolkan produkproduk bahan bakar yang ramah lingkungan. Hal ini sebagai antisipasi kedepannya , karena tentunya BBM fossil sudah akan semakin menipis cadangannya. Kita semua harus ingat bahwa kita masih mempunyai anak-cucu yang berhak menikmati juga BBM fossil. Oleh sebab itu, sudah saatnya kita mengembangkan energi alternatif, seperti energi biofuel, biogas, dll. Kita semua harus siap menghadapi hal tersebut, Pertamina pun sudah mempersiapkan diri dengan mengembangkan energy alternative seperti BioPertamax, dan BioSolar Bahkan saat ini di dunia sudah ada kendaraan berteknologi hybrid, yang tinggal kita tunggu kehadirannya di Indonesia.


Apakah keikutsertaan Pertamina di pemeran ini untuk meraih konsumen yang individu ataukah korporat?
Keikutsertaan kami disini adalah untuk meraih konsumen yang individu maupun korporat, karena bisa dibilang seluruh produk kami ini dipakai oleh yang punya motor dan mobil baik secara individu maupun perusahaan.

Bahkan untuk BBM fossil ini, banyak sekali produk turunannya yang dapat dipergunakan untuk berbagai hal seperti petrokimia sampai bahan baku untuk tekstil. Namun karena keterbatasan, kami tidak bisa menampilkannya di booth Pertamina, selain itu pameran ini pun identik dengan motor sehingga yang kami tampilkan sebagian besar produk-produk BBM fossil yang terkait dengan kendaraan bermotor.

Ke depan, mudahmudahan acara seperti pameran ini bisa menjadi suatu media untuk edukasi kepada teman-teman pelanggan, iapapun juga, baik individu dan korporat.


Bagaimana dengan produk-produk Pertamina yang ditampilkan di acara ini?
Kami saat ini sedang menggalakkan pemasaran Pertamax dan Pertamax Plus. Dilihat dari kacamata ekonomi, kami ‘kan tidak boleh menggunakan uang Pemerintah untuk subsidi sebanyak mungkin. Jadi pada saatnya nanti, Pemerintah tidak perlu dibebani oleh subsidi. Maka kami berusaha agar masyarakat sadar secara perlahan-lahan bahwa penggunaan BBM itu harus seefisien mungkin.

Sebab itu, kami mulai mengedukasi masyarakat untuk mempergunakan BBM yang lebih baik kualitasnya dan lebih ramah lingkungan. Kami berusaha menarik para pelanggan yang sebelumnya memakai BBM subsidi, untuk mencoba BBM yang tidak disubsidi, yang kualitasnya lebih baik.


Di lapangan, sering kita lihat SPBU Pertamina Pasti Pas yang berdekatan dengan SPBU Kompetitor, bahkan ada yang berdampingan atau berseberangan. Bagaimana kemampuan Pertamina dalam mengimbangi kompetitor ini?
Sejak tahun 2006 akhir, ketika pasar sektor hilir dibuka, Pertamina memang diberikan semacam sparring partner. Waktu itu Shell masuk, kemudian diikuti Petronas, dan sekarang ada Total juga.

Saat ini kami masih tetap menguasai jaringan SPBU hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Pada awalnya, SPBU - SPBU itu menjadi outlet kami, karena dahulu Pertamina diberi tugas oleh Pemerintah untuk mendistribusikan BBM ke seluruh tanah air . Namun demikian dengan dibukanya pasar di sektor hilir, kompetitor kami juga membangun SPBU-SPBU di lokasilokasi yang besar yang strategis. Praktis, ini akan berdekatan dengan SPBU - SPBU Pertamina.

Jadi strategi kami adalah memberikan kenyamanan dan pelayanan yang lebih kepada pelanggan, hal ini tidak lain bertujuan supaya pelanggan tetap setia pada Pertamina. Dan juga kami memberikan produk-produk bahan bakar yang kualitasnya tidak kalah dibandingkan produk pesaing. Kami ingin bersaing dengan perusahaan kelas dunia dan ini yang harus kami hadapi secara profesional, baik dari segi kualitas, dari segi pelayanan, bahkan juga dari segi arsitektur bangunan SPBU-nya. Kalau harus head to head, akan kami lakukan dengan profesional.

Berkaitan dengan pengembangan SPBU Pertamina, tidak semena-mena ada tanah lalu langsung kami dirikan SPBU di tempat itu. Kami harus melihat kepentingan dari masyarakat di lokasi tersebut, di samping itu juga harus diperhatikan jarak antara SPBU Pertamina yang sudah ada, sehingga tidak boleh ada persaingan antar SPBU Pertamina sendiri.

Yang ingin kami tekankan adalah kami akan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan dan menjual bahan bakar yang berkualitas tinggi.• UHK



1 comments »

  • Heri Purwanto said:  

    thx ya, ni q gak sempet nulis, minggu depan ujian, jadi postnya masih copy paste aja, yo wis kang, moga menang kontesnya

  • Leave your response!