Pipa Air Laut : Antara Cement dan Hard Rubber Lining

8.14.2009 Leave a Comment

Seandainya kita dikasih dua pilihan antara memakai "cement lining" dan "hard rubber lining"  Tentang Pipa | Sistem Perpipaan mana yang lebih bagus (kelebihan dan kekurangan)? Lalu, bagaimana dengan pekerjaan di lapangan, gampang yang mana? Hhard rubber lining paling mudah pemasangannya dengan flange to flange connection dengan jarak tergantung panjang mesin penekan rubbernya (compressor) seandainya pakai welding connection berarti ujung pipa (15-30 cm) tidak di rubber, terus bagaimana merubber pada area weldingnya....


Tanggapan 1 :
Sekedar sharing berdasarkan pengalaman kami di PT CAPC, untuk Sea Water lining paling bagus menggunakan "hard rubber inner lining" untuk pipa lurus tetapi untuk yang di sambungan (elbow joint) disarankan pakai "cement lining" .
Dari pengalaman saya di Utility (8 th) kalau dilihat lining tersebut cukup handal. Dari hasil underground inspeksi tidak terlalu banyak kerusakan yang signifikan setelah beroperasi 2-3 tahun.

Tanggapan 2 :
Pengalaman saya thd. Pekerjaan rubber lining :
Connection antara spool dan spool sebaiknya flange to flange type SO.
Jarak dari bibir pipa ke surface flange tidak boleh terlalu jauh (+ - 6 mm saja) . Welding-an pada SO flange digerinda sampai halus dengan cone grinding (wah ini harus saya dipraktek-kan supaya mengerti). Jangan sampai membuat spool pipe terlalu panjang sehingga mudah untuk dilining.

Tanggapan 3 :
Pengalaman saya di Cilacap, untuk Fire Water Hydrant (Press. s/d 18 kg/cm2) yang menggunakan Sea Water kami menggunakan internal cement line pipe. Spec. pipanya bisa ASTM A-53 Grade B atau API 5L Grade B, seamless atau DSAW tergantung operating pressurenya. Sedangkan Flange Joint umumnya menggunakan ASTM A-105 WN Flange #150 lbs (sambungan SO atau Socket hanya digunakan untuk pipa dia.2" kebawah), yang biasanya di-minimise untuk menghindari potensi bocor kecuali untuk valve atau sambungan ke equipment atau spool piece yang memerlukan bongkar pasang. Untuk pipa, proses cement liningnya biasanya dibuat workshop dengan mengacu srandard AWWA atau API (saya lupa nomornya), kita bisa langsung pesan. Sedangkan untuk sambungan welded joint biasanya menggunakan yang namanya 'espando' sejenis rubber yang dipasang pada sisi dalam pipa sebelum di welded joint. Espando ini akan menutup bagian dalam pipa disekitar welded joint dan hasilnya cukup bagus selama ini asal preparationnya sempurna. Untuk welded joint didekat flange, lining dilakukan secara manual karena msih terjangkau tangan.


Sumber Asli : Migas Indonesia

4 comments »

  • fbp said:  

    Tergantung pada penggunaan atau aplikasi pipa.

    Aplikasi cement lining lebih mudah dan relatif cepat, dengan kekurangan mudah retak apabila ada momentum yang cukup besar pada satu titik, sehingga menyebabkan kebocoran yang terditeksi oleh pin hole test atau spark test.

    Hard Rubber lining, aplikasinya relatif mudah tetapi memerlukan waktu yang lama (1x vulkanisasi memerlukan waktu 3 hari apabila dikerjakan di lapangan dengan system open steam vulcanization). Sedangkan kelebihannya adalah masih tetap stabil apabila diberikan momentum yang besar pada satu titik oleh karena hard rubber lining setelah vulkanisasi masih memiliki elongation sebesar 4%.

  • fbp said:  

    Memang benar bila manggunakan welding connection, bagian ujung tidak di rubber, masalah ini bisa diatasi dengan system cold bonding soft rubber atau dengan hot bonding hard rubber partial section steaming, dengan catatan diameter pipa harus cukup untuk masuk orang dewasa, sekitar 20" atau lebih.
    aplikasi cold bonding adalah dengan menempelkan karet soft pada bagian sambungan yang sudah di las dan di shot blast dengan adhesive khusus untuk rubber to metal, dengan kekuatan bonding lebih rendah dibandingkan bonding metal to rubber dengan system hot bonding.

  • CV. AGRO INDUSTRI SURABAYA said:  

    Kami melayani pembuatan pipa Cement Lining, dan produk kami sudah sering di gunakan oleh Pertamina.

    Salam Hormat,
    Rahmat Hidayat
    http://industrijaya.indonetwork.co.id/2051336/pipa-cement-lining-cement-mortar-lining-pipe.htm

  • Gada Bina Usaha said:  

    Terimakasih Artikelnya ...salam

  • Leave your response!