TUGU Mengoptimalkan Seluruh Resources untuk Revitalisasi Pasar
Jakarta, Monday, April 12 2010 (09:05) Pengantar Redaksi:
Sebagai anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero), PT Tugu Pratama Indonesia (TUGU) yang telah mengarungi arus kompetisi di industri Asuransi Umum selama lebih dari 28 tahun, kian bergairah untuk menyuburkan semangat "Continuous Improvement" guna merealisasikan visi menjadi perusahaan berkelas dunia (world class). Berikut penuturan Direktur Pemasaran TUGU Mohammad Jusuf Adi, kepada Media Pertamina dalam acara Workshop Drilling Oil & Gas Insurance, Bandung, Kamis (11/3).
Seperti apa kebijakan yang diterapkan TUGU selaku Anak Perusahaan dari Pertamina? Sekitar 60 persen pemasukan TUGU berasal dari portfolio Migas, sedangkan 40% lainnya dari pangsa Non Migas. Sehingga jika berbicara tentang kebijakan dapat dilihat dari berbagai sisi, namun tentunya resources yang ada di TUGU difokuskan ke account-account corporate besar yang berada di dalam lingkup Migas dan Non Migas. Untuk itu setiap resources dipastikan mempunyai kompetensi dan pengetahuan yang tinggi terhadap seluruh bisnis asuransi.
Jadi jika berbicara tentang kebijakan secara korporat TUGU tentunya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik bagi PT Pertamina (Persero) selaku our majority shareholder sekalipun most valued client.
Apakah ada kendala dalam pelaksanaan kebijakan tersebut? Kendala itu pasti ada. Dari sisi eksternal tentunya semakin banyak perusahaan di industri mengejar posisi TUGU sebagai pemain papan atas asuransi (khususnya di bidang migas). Dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku, mulai beberapa tahun terakhir ini TUGU juga wajib mengikuti seluruh proses Tender pengadaan barang ataupun jasa bersama - sama para kandidat / peserta tender lainnya bila ingin bekerja sama dengan Pertamina ataupun BP Migas/PSC's, tidak ada privilege walaupun kami adalah anak perusahaan BUMN, dan sesungguhnya kami juga sudah tidak memiliki pangsa pasar yang bersifat captive, sehingga semua bisnis kami dapatkan melalui kerja keras "teamwork" yang berjalan pada koridor Code of Corporate Governance yang telah ditetapkan.
Oleh karena itu TUGU mempunyai strategi jangka panjang untuk lebih meningkatkan stabilitas performa kinerja ataupun profitabilitas, agar tetap menjadi top survival di era persaingan global ini, adapun strategi yang dimaksud adalah dengan konsisten melakukan "Optimalisasi Sumber Daya dan Revitalisasi Pasar". Seluruh resources yang kami miliki merupakan modal kekuatan juang sesungguhnya, seperti SDM, inovasi IT, kekuatan finansial dan kemampuan networking apabila diintegrasikan secara maksimal maka akan sangat mempengaruhi percepatan tercapainya portfolio balancing antara pendapatan premi di sektor Migas dan Non Migas.
Di sisi lain, dengan konsistensi keberadaan Tugu Insurance Company (Tugu Hongkong) hingga saat ini semakin menjadi sumber informasi terbaik kami untuk area di luar Asia Tenggara.
Berarti dengan keberadaan kepemilikan saham TUGU pada Tugu Hongkong apakah TUGU sudah bisa dikatakan world class ? Jika mau dikatakan world class, TUGU perlahan sudah mulai menjadi world class, karena sejak tahun 2009 kami sudah menjadi salah satu panel captive internasional. TUGU berhasil menjadi satu - satunya perusahaan asuransi kerugian milik Indonesia yang mendapatkan kepercayaan ikut serta mendukung program asuransi energi TOTAL E&P NORGE (France).
Perusahaan migas internasional seperti Total, Chevron, dan Shell proses bisnis mereka mempunyai captive masing-masing. Captive ini tentunya mempunyai program asuransi dan reasuransi untuk melindungi kepentingan the parent company. TUGU sebagai bagian dari program captive ini mendukung program parent-nya. Jadi secara tidak langsung, TUGU juga memberi dukungan perlindungan resiko kepada aktivitas usaha mereka.
Jadi persiapan strategi jangka panjang tersebut dipersiapkan juga untuk menghindari kendala-kendala dalam penerapan kebijakan? Iya betul, strategi jangka panjang itu tentunya juga harus fokus terhadap seluruh aspek eksternal TUGU karena umumnya mereka melakukan perubahan dalam artian kebijakan bisnis dapat berubah dan kebijakan pemerintah pun selalu berubah. Maka kompetensi TUGU harus semakin tinggi karena TUGU dituntut tidak saja untuk berkompetisi dengan pemain domestik tapi juga harus mampu untuk melakukan kompetisi dengan pihak asing dari luar.
Oleh karena itu strategi jangka panjangnya adalah mencoba untuk menempatkan posisi TUGU sebagai pemain internasional juga. Artinya suatu saat nanti TUGU bisa menerbitkan polis untuk aset yang berada di China, Vietnam, Myanmar, dan sebagainya. Jadi jika orang lain bisa melakukan penetrasi ke Indonesia, mengapa perusahaan domestik tidak bisa melakukan penetrasi ke luar. Sehingga seluruh resources yang ada di TUGU nantinya juga memiliki fokus ke arah sana, mengingat adanya ACFTA dan AFTA.
Targetnya kapan? Untuk target tentunya kami melakukan persiapan intensif lebih dahulu. Salah satu persiapan adalah Tugu Hongkong tahun ini semaksimal mungkin bisa mendapatkan predikat AM Best "A -"dari sisi rating. Ketika nanti Tugu Hongkong mendapatkan rating AM Best "A-", itu berarti Tugu Hongkong sudah mempunyai SIM atau Pasport untuk bisa main di Myanmar, Vietnam dan sebagainya.
Saat ini Tugu Hongkong ratingnya AM Best "B ++", jadi tinggal satu rating lagi Tugu Hongkong bisa mencapai "A-". Tentunya hal ini merupakan sebuah keuntungan koperatif yang dimiliki oleh TUGU Group untuk bisa masuk ke area-area lain, karena jika berbicara pada lingkungan industri di Indonesia, sebagus apapun perusahaannya tidak akan mampu mendapatkan rating lebih baik dibandingkan rating perusahaan asuransi lokal secara umum.
Memiliki rating yang tinggi (berskala Nasional dan Internasional) sangat diperlukan karena sebagai salah satu marketing tools yang kuat dipakai untuk menawarkan jasa-jasa asuransi dimana orang selain tertarik kepada produknya, tetapi juga melihat secara finansialnya, apakah sudah pasti mampu untuk mengelola risiko. Karena kita boleh memiliki produk yang bagus tapi jika kita tidak mempunyai kekuatan finansial maka jika terjadi masalah atau claim kita tidak punya dana untuk menggantinya. Oleh karena itu, perusahaan asuransi harus memiliki produk yang bagus dan finansial yang kuat.
Adapun untuk TUGU sendiri pada tahun 2008 telah berhasil meraih penghargaan FitchRatings sebagai perusahaan dengan peringkat IFS (Insurer Financial Strength) Nasional "A+" dengan prospek Stabil. Peringkat tersebut mencerminkan keunggulan TUGU dalam penyelenggaraan asuransi sektor energi dan non energi baik secara konvensional maupun syariah, dengan dukungan permodalan yang kuat dan reasuransi terbaik serta strategi investasi yang konvensional.
Jadi target jangka panjangnya adalah menjadikan TUGU sebagai perusahaan asuransi umum/kerugian yang go internasional atau world class. Tapi bagaimana untuk jangka pendeknya TUGU itu sendiri? Untuk jangka pendek, TUGU harus tetap menjaga RKAP yang sudah dicanangkan. RKAP itu melibatkan bisnis-bisnis TUGU di Indonesia, dan itu harus tetap dicapai sebagai pembuktian bahwa kami tetap tumbuh dan berkembang (growth). kemudian target lain kita yang jangka pendek tentunya untuk tahun ini kita sudah mempunyai beban untuk menaikkan target laba 10 persen dari realisasi tahun 2009.
Untuk kemajuan TUGU ke depannya nanti apakah akan ada inovasi atau terobosan baru buat TUGU? Sebagai perusahaan asuransi umum/kerugian TUGU memiliki berbagai produk unggul, tak dipungkiri penutupan resiko di bidang industri Migas memang masih menjadi produk yang paling unggul. Namun begitu, TUGU semakin sukses menawarkan produk dan layanan asuransi lainnya seperti pengangkutan, rangka kapal, rangka pesawat, engineering, property, surety bond, kesehatan, serta aneka produk tailor-made baik secara konvensional maupun Syariah. Jadi, walaupun TUGU telah diakui memiliki spesialisasi pada asuransi industri Migas, namun kami terus bertekad juga menggenjot bisnis asuransi korporat non Migas.
Apa harapan ke depannya bagi TPI? Harapan kami selaku top management, seluruh resources TUGU harus semakin optimis dan jeli melihat peluang yang ada, karena potensi sebagai pemain regional semakin terbuka luas dan kita masih memiliki added value diatas rata-rata kompetitor lain.MPIK/NDJ
0 comments »
Leave your response!